Pengembalian dana (REFUND) di Lazada dipersulit

Pada tanggal 10 desember 2017 saya melakukan pemesanan iPhone 5s 32gb di toko PROSELINDO melalui situs online LAZADA dengan harga Rp. 2.190.000,-. Pembayaran saya lakukan melalui Bank transfer (BCA) pada tanggal 10 Desember 2017 18.50 WIB. Verifikasi pembayaran pun sudah sampai, tinggal menunggu proses pengiriman dengan estimasi waktu sampai tanggal 13-15 Desember 2017.

Tiba-tiba tanggal 12 Desember 2017 jam 15.16 WIB saya melihat status pesanan saya DIBATALKAN oleh pihak Lazada. Saya menghubungi cs untuk pengembalian dana saat itu juga melalui live chat lazada. Saya diminta untuk mengisi formulir pengembalian dana melalui email, saya isi dan saya emailkan kepada lazada.

Kemudian tanggal 12 Des 17 jam 17.02 ada notifikasi di status pesanan saya bahwa pengajuan pengembalian dana saya telah diterima dan akan di proses. Saya cek kembali di status pesanan saya ada notifikasi pengembalian dana telah diproses dan akan memakan waktu 3-7 hari kerja.

Saya tunggu sampai tanggal 19 Des 17 belum ada uang yang masuk dari lazada. Saya kembali menghubungi cs bernama SOENU SAPUTRA dan menanyakan status pengembalian dana saya. Dan yang bikin saya kaget cs SOENU SAPUTRA memberitahukan bahwa pengembalian dana sudah selesai dilakukan pada tanggal 12 Des 17 berbentuk VOUCHER BELANJA (padahal sudah jelas2-jelas pada saat saya mengajukan pengembalian dana saya ingin berbentuk uang dengan sistem bank transfer BCA a/n rek saya) dan tidak ada sama sekali perjanjian akan dikembalikan melalui VOUCHER BELANJA.

Saya minta uang saya kembali bukan berbentuk voucher, kemudian cs SOENU SAPUTRA menyatakan bahwa saya belum mengisi form pengembalian dana dan tidak ada no rekening yang diterima oleh pihak lazada (padahal udah jelas2 saya kirimkan no rek beserta foto buku rekeningnya melalui email refund lazada). Dan cs SOENU SAPUTRA meminta saya untuk KEMBALI mengisi form tersebut.

Akhirnya saya isi kembali dan seperti biasa cs SOENU SAPUTRA hanya memohon maaf dan akan menindaklanjuti laporan saya. Tapi live chat bersama cs SOENU SAPUTRA tidak sengaja saya close jadi tidak tahu akhirnya seperti apa.

Malam hari nya tanggal 19 Des 17 jam 22.44 saya menanyakan kembali ke cs mengenai status pengembalian dana saya, saat itu cs AHMAD HAMDANI yang menerima laporan saya. yang bikin kagetnya saat saya menanyakan status refund saya cs AHMAD HAMDANI kembali memberitahukan pengembalian dana sudah di lakukan melalui VOUCHER BELANJA (?)

Jujur saya emosi, saya minta uang saya kembali dan cs AHMAD HAMDANI menyatakan saya belum mengisi form pengembalian dana melalui bank transfer dan tidak ada no rek yang dimaksud. Saya KEMBALI jelaskan panjang lebar bahwa saya sudah 2x mengisi form tersebut, pertama lewat email kedua lewat live chat dengan cs SOENU SAPUTRA. Agar lebih jelas saya isi kembali form tersebut yang diajukan oleh cs AHMAD HAMDANI dan saya minta dana saya dikembalikan esok hari nya (secepatnya).

Cs AHMAD HAMDANI menyatakan bahwa form pengembalian dana telah diproses. Kemudian email masuk dari lazada menyatakan form pengembalian dana telah diproses dan saya akan mendapatkan uang saya kembali setelah 3-7 hari kerja.

SAYA TUNGGU. hari ini tanggal 21 Des 17 jam 10.05 saya kembali menanyakan status refund saya melalui live chat dengan cs PUJI LESTIANI. Daaaaan yang bikin emosi adalah percakapan bersama cs SOENU SAPUTRA dan cs AHMAD HAMDANI kembali terulang bahwa cs PUJI LESTIANI memberitahukan bahwa saya belum mengisi form pengembalian dana dan belum memberikan no rekening (JADI YANG SAYA LAKUKAN SELAMA INI APA? BERULANG2 NGISI FORM, NGIRIM EMAIL, HASILNYA KEMBALI NOL LAGI NOL LAGI).

Saya emosi, saya ingin uang saya kembali, saya ikutin kembali prosedur pengembalian dana yang sudah ditetapkan (UNTUK KESEKIAN KALINYA) agar uang saya cepat kembali. Dan tanggal 21 Des 17 jam 10.48 email konfirmasi dari lazada masuk yang menyatakan bahwa refund sedang diproses mohon menunggu samapai tanggal 4 januari 2018. Kemudian email kedua masuk yangl 21 Des 17 jam 11.06 menyatakan bahwa estimasi refund 3-7 hari kerja (bank transfer).

Semoga email kali ini tidak PHP dan benar-benar ditindak lanjuti dan ditanggapi oleh pihak lazada, karena saya butuh uang saya kembali berbentuk UANG bukan VOUCHER BELANJA! diharapkan LAZADA BERTANGGUNG JAWAB dan PROFESIONAL (yang katanya TOKO ONLINE TERBESAR DI INDONESIA). saya tekankan sekali lagi ke pihak lazada SAYA INGIN UANG SAYA KEMBALI SECEPATNYA!

Vinka Cintia Dewi, Purwakarta



Ingin berbagi pengalaman soal barang, jasa atau pelayanan? Bisa anda kirimkan detailnya lewat sini: LAPOR!. Pengalaman dan apresiasi anda akan sangat membantu orang lain sebelum bertransaksi.

61 Comments

  1. Guys yang adakah yang sudah berhasil pengembalian dana nya? Butuh waktu berapa lama sampai berhasil? Saya baru mengalami hal serupa dan dana yg diendapkan cukup besar buat saya 2,7jt

  2. Saya juga prnah kejadian udah 2x tp ngak bisa d kmbalikan uangnya, dan vocernya juga nggak bisa d gunakan, pihak lazada memang tidak brtanggung jawab

Tinggalkan Balasan