BERBELANJA DI AKULAKU SANGAT MENGECEWAKAN!

Saya sedang mencari laptop untuk orang tua saya, akhirnya saya mencoba untuk beli di Akulaku dikarenakan ada progam cicilan. Akhirnya saya memilih laptop HP BW501AU yang dijual oleh AGEN GADGET.

Setelah saya melakukan pembayaran di tanggal 14 November 2019 saya langsung menghubungi pihak seller melalui fitur Live Chat untuk konfirmasi pesanan saya tetapi sama sekali tidak direspon (sedikit merasa khawatir).

Pada tanggal 15 November 2019 akhirnya status pesanan saya berubah menjadi “Dalam Pengiriman” saya mencoba melakukan verifikasi nomor resi yang diberikan (000399393180), tetapi dari pihak kurir tertulis bahwa nomor resi tidak valid, saya mencoba menghubungi kembali pihak seller, tapi tidak direspon juga.

Akhirnya saya menghubungi pihak Akulaku menanyakan perihal ini, CS mengkatakan harus menunggu 4-5 hari kerja dari pembayaran apabila tidak sampai juga barangnya, silahkan menguhubungi kembali. “Saya beranggapan, mungkin resi belum masuk ke sistem kurir”

Keesokan harinya tanggal 16 November 2019 saya melakukan pengecekan kembali terhadap nomor resi yang saya terima, tetapi tetap tertulis “Resi tidak valid” Tanggal 17 November 2019 saya hubungi kembali pihak Akulaku, tetap mendapat jawaban yang sama (4-5 hari kerja).

Disini yang saya permasalahkan bukan soal kapan barang akan saya terima, tapi lebih kepada nomor resi yang tidak valid, saya mengatakan kepada pihak CS Akulaku, “logikanya kalau memang barang sudah dikirim pasti resi bisa kita lacak” akhirnya CS menjanjikan akan mengirimkan nomor resi via email, tetapi saya tidak menerima email apapun sampai keesokan harinya.

Sampai tanggal 22 November 2019 akhirnya resi bisa di lacak (setelah saya menghubungi teman saya yang pernah bekerja di Akulaku untuk meminta bantuan) dan benar saja disitu tertulis bahwa barang baru dikirim di tanggal 22 November 2019, pada tanggal 23 November 2019 akhirnya pesanan saya sampai dirumah (baru saya buka keesokan harinya) (pihak seller masih sama sekali tidak ada respon).

Barangpun saya buka dan saya periksa barang pesanan saya, memastikan tidak ada masalah, ternyata terdapat masalah pada barang tersebut, fitu “scroll touchpad” tidak berfungsi, akhirnya saya mencoba melakukan cek verifikasi nomor garansi di situ HP, ternyata garansi sudah expired (memang ada keterangan ex display pada saat saya memesan).

Tetapi saya menyadari bahwa tipe barang yang saya terima berbeda dengan yang saya pesan, perbedaan spek dan harga pada barang tersebut sangat signifikan, barang yang saya terima dengan tipe HP BW099TU sedangkan pesanan saya HP BW501AU.

Saya langsung melakukan pelaporan kepada pihak Akulaku melalu aplikasi dan menghubungi pihak seller melalui live chat, tetapi tetap tidak ada respon.

Akhirnya hari ini tanggal 25 November 2019 saya menghubungi pihak Akulaku melalui telepon, CS mengatakan silahkan hubungi pihak seller untuk konfirmasi, saya sudah menjelaskan bahwa dari awal saya memesan barang tersebut sampai saat ini tidak ada respon sama sekali dari pihak seller, dengan mudah CS Akulaku mengatakan harus menunggu 14 hari kerja sampai seller merespon, apabila masih tidak ada respon lagi silahkan melapor kembali.

Disini saya berdebat dengan CS, saya mengatakan “tetapi prosudur kalian soal pengembalian barang maksimal 5 hari setelah barang diterima, terus saya harus nunggu 14 hari kerja lagi!” CS mengatakan laporan sudah diterima, jadi tidak akan hangus.

Saya sempat mengatakan “lalu kalau saya sudah menunggu 14 hari kerja dan melapor, saya harus menunggu lagi sampai uang saya dikembalikan?!” CS pun menjawab “memang seperti itu prosedur dari AKULAKU” saya sempat emosi dan mengatakan “Kalian GILA!!” Merugikan banyak orang dan membuang waktu orang yang punya kepentingan lain.

Disini saya sangat kecewa dengan AKULAKU dengan prosesnya yang berbelit-belit dan tidak professional, saya mencoba mencari pada kebijakan privasi/FAQ di Aplikasi Akulaku mengenai retur barang tidak ada yang menyatakan 14 hari kerja.

Saya merasa dirugikan dan saya akan melaporkan Seller dan Akulaku kepada pihak berwajib mengenai masalah ini apabila tidak ada kejelasan sama sekali yang saya dapatkan.

Buat kalian yang ingin berbelanja di Akulaku harap lebih teliti dan waspada, saya pribadi cukup untuk pertama dan terakhir kali berbelanja di Akulaku Indonesia!

Novel Calvin Pangalila, Depok



Ingin berbagi pengalaman soal barang, jasa atau pelayanan? Bisa anda kirimkan detailnya lewat sini: LAPOR!. Pengalaman dan apresiasi anda akan sangat membantu orang lain sebelum bertransaksi.

5 Comments

  1. Bagaimana sekarang, apakah barangnya bisa dikembalian?, Soalnya Saya juga mengalami hal yang sama, saya beli laptop di agen gadget, tetapi barang yg dikirim rusak, saya sudah lapor cs, tapi disuruh menunggu 14hari kerja..

  2. sama bos, saya sudah hampir sebulan dana belum di kembalikan oleh akulaku. awalnya saya melakukan pembelian lewat akulaku, chat pertama ke marchant di respon dengan baik, setelah pembayaran, gelagat jelek marchant terlihat. setiap chat, tidak pernah di jawab lagi. 3 hari no resi muncul. tp setelah di cek ke JNE, no resi tersebut adalah “palsu”. saya langsung telp CS, dan kata petugas di suruh tunggu 14 hari kerja ( tidak terhitung hari libur). 25 hari sejak tanggal pembelian, barang tak kunjung datang. chat ke marchant tak kunjung di respon juga. CS AKULAKU jg tak pernah memberi jawaban yang memuaskan. setiap di tanya tentang retur dana sy. ( ” SEDANG DI TANGANI OLEH TIM TERKAIT KAMI, ATAU SEDANG DALAM MASA ANTRIAN. SILAHKAN TUNGGU” ) kata CS AKULAKU nya. Tapi sampai sekarang sudah hampir 2 bulan AKULAKU tak serius mengembalikan dana saya. tolong jika ada yang tahu alamat kantor pusan AKULAKU.

  3. Sama saya pun demikina, saya coba tlpon cs bilang nya tidak bisa bantu, saya harus mnta tolong kesiapa lagi.
    Saya beli laptop di merchant akulaku setelah sampe barang memang sesuai tapi baut2 pada ilang,karet ilang, stiker tidak ada sama sekali, charger bukan ori dan rusak tidak bisa dipakai.

  4. Akulaku digunakan utk pembayaran saja, tapi barangnya dari Blibli, Lazada, atau lainnya. Saya gitu. Harga di Akulaku kadang too good to be true. Harus hati-hati.

Tinggalkan Balasan