BukaLapak Mengecewakan! Serbu Seru kok refundnya sandal jepit!?

Saya ingin menyampaikan uneg-uneg ke surat pembaca lewat Qonsumen.com mengenai BukaLapak. Tanggal 12 Maret 2019 saya mengikuti program Serbu Seru untuk hadiah Samsung Galaxy S10 seharga Rp. 12.000, yang seperti biasanya meleset. Tapi isi komplain saya bukan perkara itu, melainkan dalam bentuk apa BukaLapak mengembalikan dananya.

Seperti biasa pembelian barang yang ada di promosi Serbu Seru misalkan gagal akan direfund masuk ke saldo. Akan tetapi “kebiasaan” ini mulai dimanfaatkan tim marketplacenya untuk memaksimalkan keuntungan. Dalam hal ini refund berupa produk BukaMart sendal jepit, yang warna dan ukurannya random. Besar kemungkinan kalau malah jadinya tidak terpakai karena tidak cocok.

Dalam beberapa hari ini banyak yang menyuarakan keberatannya di medsos, tapi ada daya memang sistem pengembalian dana yang otomatis dibelikan sandal ini ada dalam syarat dan ketentuan serbu seru diatas. Jelas tidak ada gunanya selain menjadi pelajaran di kemudian hari.

Yang bikin nyesek itu cs BukaLapak mengatakan kalau kita diberi waktu untuk konfirmasi apakah dananya akan dikembalikan utuh atau dijadikan sandal lewat push notification aplikasi. Kenyataannya yang saya dapatkan adalah notifikasi pembelian sendalnya berhasil dan diproses.

Sedangkan saya coba batalkan ditolak dengan alasan sudah dikirimkan, padahal sampai hari ini di trackingnya masih diproses. Jadi tidak sesuai dengan alasannya.

Sekarang nasi sudah menjadi bubur, dan saya menerima bagaimana menjebaknya sistem refund kali ini.

Halo BukaLapak? Kok maksa banget ya suruh beli sendal jepitnya? Asli saya kecewa banget.

Amanda, Jakarta



Ingin berbagi pengalaman soal barang, jasa atau pelayanan? Bisa anda kirimkan detailnya lewat sini: LAPOR!. Pengalaman dan apresiasi anda akan sangat membantu orang lain sebelum bertransaksi.

8 Comments

  1. Sama, sandal yg dikirim malah kecil jd ga kepake..
    Sudah uninstall aja jangan pernah diinstal lagi, masih banyak ecommerce yang lebih baik dan jujur..

  2. Dengan Hormat,

    Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan Qonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca di Qonsumen.com tertanggal 16 Maret 2019 yang ditulis oleh Ibu Amanda perihal transaksi di Bukalapak dengan artikel yang berjudul “Bukalapak Mengecewakan! Serbu Seru Kok Refundnya Sandal Jepit!?” izinkanlah kami untuk membantu memberikan penjelasan.

    Perihal keluhan yang dialami oleh Ibu Amanda terkait program Serbu Seru untuk barang Samsung Galaxy S10, sesuai syarat dan ketentuan bahwa Penyerbu yang tidak terpilih dananya akan dikembalikan dalam bentuk produk Sandal Jepit BukaMart. Penyerbu Samsung Galaxy S10 yang tidak terpilih dapat membatalkan pengembalian dana berupa Sandal Jepit BukaMart sebelum pengumuman dilakukan. Namun, saat ini kami informasikan untuk Penyerbu Samsung Galaxy S10 yang tidak terpilih akan kami bantu proses pengembalian dana sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan dalam waktu maksimal 1×24 jam. Kami sampaikan permohonan maaf kami atas ketidaknyamanan ini.

    Bukalapak akan selalu berkerja sama dengan para Pelapak dan Pembeli kami, demi kenyamanan mereka selama bertransaksi berjualan dan juga berbelanja. Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan konsumen kami di Bukalapak.

    Demikian surat tanggapan ini kami buat dan kami mohon kerja sama yang baik untuk dapat dimuat sebagai tanggapan resmi.

    Salam,
    Evi Andarini
    Public Relations Manager Bukalapak

  3. “BACA Syarat dan ketentuan sebelum BERTRANSAKSI. Koreksi diri sebelum nyalahin pihak lain.”

    betul sekali, orang2 Kita kurang jeli dalam membaca, sangat mudah dijebak.
    seperti banyaknya yang terjebak pinjaman online…

  4. Masih mending dapat sandal jepitnya,, saya sampai detik ini sandalnya nggk terima tapi di notifikasi telah terima, otomatis dari system kayanya. Mohon donk bukalapak yg fair,, sy sudah komplain resmi.

Tinggalkan Balasan