Kualitas marketing asuransi Cigna mengecewakan!

Kemarin 17 Februari 2018 sekitar jam 13.00 siang saya mendapatkan telepon dari asuransi Cigna dengan nomor (021) 2809 8666. Sang penelpon mengaku ingin melakukan konfirmasi data nasabah, saya tidak menolak karena bukan penawaran dan keakurasian data pelanggan sangat penting untuk pengurusan apabila klaim. Pada proses ini lancar – lancar saja.

Tapi ada pernyataan tersirat bahwa tipe asuransi saya (Platinum) sebenarnya bisa mendapatkan refund premi selama 2 bulan yang dibayarkan per tahun. Nanti bisa milih dikembalikan ke kartu kredit atau transfer ke rekening tabungan. Tentu saja saya tidak menolak dan mengikuti arahannya.

Nah… disinilah letak tipu muslihat marketing Cigna. Mungkin karena memang prosedur sehingga untuk konfirmasi wajib disampaikan ke (calon) nasabah), ini termasuk ketentuan soal polis asuransinya. Ini dibacakan sangat cepat sekali dan diminta mengatakan SETUJU sebagai konfirmasi bahwa saya mengajukannya.

Untungnya saya berkonsentrasi pada beberapa hal penting, seperti berapa nominal preminya dan apa nama polisnya. Yang pertama, preminya disebut 280 ribu rupiah, padahal premi saya masih di 210 ribuan. Yang kedua soal nama polis, hampir tidak kedengaran tapi jelas berbeda dengan pelafalan “Platinum”, saya minta ulangi ternyata “Blue Plus”. Otomatis saya agak emosi.

Tampaknya ini trik marketing asuransi terbaru, atau saya baru sekali ini terkena modus seperti ini. Jadi sengaja memperkenalkan diri untuk memverifikasi data. Kemudian secara tidak langsung didaftarkan polis baru yang nominalnya mirip dengan polis nasabah yang sudah ada, jadi kalau tidak awas otomatis lolos.

Dengan demikian saya sangat kecewa mengenai tidak etisnya cara – cara telemarketing demi golnya target polis. Nasabah itu sudah membayar, yang diperlukan itu kualitas pelayanan yang baik bukan diperas lebih jauh dengan trik – trik, malah seperti usaha penipuan.

Khusus soal telemarketing, saat survey dari Cigna lewat telepon sudah saya katakan mohon tidak menghubungi untuk penawaran. Tapi anehnya setelah beberapa lama selalu mendapatkan telepon marketing dan kali ini baru dapat yang berkedok konfirmasi data. Ini sudah menyesatkan dan bisa merugikan.

Wahyu, Surabaya



Ingin berbagi pengalaman soal barang, jasa atau pelayanan? Bisa anda kirimkan detailnya lewat sini: LAPOR!. Pengalaman dan apresiasi anda akan sangat membantu orang lain sebelum bertransaksi.

Tinggalkan Balasan