Scam Seller Lazada

Case Ticket Lazada: 2050000013283590 Tanggal 27 Maret 2020 pagi saya memesan sebuah kulkas dan selang gas via lazada. sekitar jam 3 sore saya ditelpon oleh seseorang yang mengaku dari pihak pengiriman lazada dan mengatakan bahwa sedang ada pembaharuan sistem dan dia meminta OTP yang sebentar lagi akan dikirimkan ke hp saya.

Setelah itu hp saya menerima OTP via sms dan hal tersebut meyakinkan saya sebagai customer bahwa oknum tersebut memang pihak lazada. Padahal saya sudah registrasi dilazada sejak tahun 2018.

Keesokan harinya tanggal 28 Maret saya cek di aplikasi pesanan kulkas saya dibatalkan tanpa ada pemberitahuan apapun.

Karena curiga scam akhirnya saya menelpon customer care lazada selama 3 hari berturut2 dan mereka selalu mengatakan bahwa kasus saya sedang diinvestigasi oleh pihak internal lazada.

Tiba2 hari ini di tanggal 1 April 2020 ada email masuk dari pihak lazada yang mengatakan bahwa pengembalian dana sudah ditransfer ke oknum tersebut karena transaksinya melalui sistem.

Lalu di email tersebut dikatakan bahwa: Apabila ada hal lain yang ingin ditanyakan kembali, silahkan menghubungi kami melalui live chat dan telepon.

Tapi sejak tadi pagi saya telepon customer care hanya ada jawaban sedang ada pembaharuan sistem dari operator. Sedangkan sanksi yang diberikan hanya mengevaluasi akun dan menonaktifkan akun penjual tersebut.

Permasalahannya:

  1. Jika oknum tersebut diluar lazada mengapa pihak lazada sendiri mengirimkan OTP ke hp saya via sms pada saat saya ditelpon oleh oknum tersebut(sehingga meyakinkan saya bahwa oknum tersebut merupakan pihak Lazada) dan saya akhirnya memberikan OTP saya. Padahal saya sudah registrasi dilazada sejak tahun 2018. Dengan begitu bukankah LAZADA SENDIRI MENDUKUNG OKNUM SCAMMER TERSEBUT?
  2. Jika pengembalian dana memang melalui sistem kenapa tidak langsung transfer ke rekening pengirim di awal?
  3. Tindaklanjut pihak internal lazada yang lamban sekali, live chat dibalas oleh bot, setiap ditelpon katanya sedang diinvestigasi pihak internal lazada. Tapi hasilnya nihil, refundpun ditransfer ke oknum seller tersebut dengan sanksi yang minim.
  4. Lewat email saya diberitahukan bahwa sanksi yang diberikan hanya mengevaluasi akun dan menonaktifkan akun penjual tersebut. Enak sekali, menjadi scammer. Membuat email dan akun baru setau saya hanya perlu waktu dibawah 1 jam. Lalu tinggal ambil foto dari google buka toko bohongan dan lalu menjebak customer lagi. Tidak ada tindak lanjut secara legal seperti kasus tokopedia/gojek kemarin. Dan tidak tahu apakah oknum tersebut memang scam seller atau dari dalam Lazada sendiri

Joshua



Ingin berbagi pengalaman soal barang, jasa atau pelayanan? Bisa anda kirimkan detailnya lewat sini: LAPOR!. Pengalaman dan apresiasi anda akan sangat membantu orang lain sebelum bertransaksi.

Tinggalkan Balasan